Cara Mudah Hilangkan Kebiasaan Menyentuh Wajah

News Flash - Sepanjang hari tentu Kamu tidak sadar bahwa kuman, bakteri, dan Virus pun hadir di beberapa tempat yang selalu Kamu sentuh seperti handphone, uang, gagang pintu, lift, meja, maupun kursi. Maka dari itu, pentingnya untuk menjaga kebersihan mulai dari mengurangi Menyentuh Wajah sehabis memegang benda-benda tersebut.
Semenjak merebaknya Virus Corona di Indonesia, orang-orang mulai khawatir terhadap benda-benda di sekitaran. Karena takut tertular, lebih baik memperhatikan untuk tidak Menyentuh Wajah dengan tangan agar terhindar dari penyakit.
Kebiasaan Menyentuh Wajah memang sulit untuk tidak dilakukan. Jika area pipi, hidung dan mata terasa gatal pasti Kamu langsung saja menggaruk dan Menyentuh Wajah.
"Ini kebiasaan yang sangat sulit untuk dihancurkan karena kita semua melakukannya, dan seringkali kita bahkan tidak sadar kita melakukannya," kata Dr. Vanessa Raabe, Asisten Profesor di departemen Kedokteran di NYU Langone Health.
Bagi Kamu yang ingin menghindari kebiasaan ini, seperti dilansir dari laman Indianexpress, Minggu, (8/3) berikut cara melawan kebiasaan Menyentuh Wajah.
Siapkan tisu
Ketika merasakan keinginan untuk menggaruk karena gatal, dan menggosok hidung, ambil tisu dan gunakanlah untuk mengurangi kontak langsung dengan tangan.
Lalu, jika merasa ingin bersin, tetapi tidak memiliki tisu, gunakan siku bagian dalam daripada menggunakan tangan. Menurut pakar kesehatan, bersin ke tangan membuatnya lebih mungkin akan menyebarkan kuman ke orang lain atau benda di sekitar.
Buat tangan sibuk
Terkadang, sehabis memegang sesuatu dan juga menyentuh benda-benda yang menjadi pemicu bakteri kita tanpa sadar langsung memegang wajah. Cara mudah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, cobalah untuk menaruh tangan di atas pangkuan.
Atau, dengan menggunakan sabun dan lotion dengan aroma yang wangi dan segar. Menurut Zach Sikora, seorang psikolog klinis di Northwestern Medicine di Chicago, ketika menggunakan wangi-wangi tersebut lalu mendekatkan tangan ke wajah, aroma tersebut bisa membuat seseorang sadar dan langsung sadar jangan langsung Menyentuh Wajah.
Identifikasi pemicu
Justin Ko, seorang Profesor Dermatologi Klinis di Stanford Health, mengatakan ia memberi tahu pasien yang memakai lensa kontak untuk mempertimbangkan memakai kacamata sebagai gantinya untuk mencegah mereka dari menggosok mata. Sementara masker sebenarnya tidak terlalu efektif untuk mencegah penularan Virus, tapi bisa sangat membantu mengurangi menyentuh hidung atau mulut.
Lalu, cara lainnya adalah dengan meletakkan catatan di sekitar rumah atau di desktop yang berfungsi sebagai pengingat yang sangat membantu.


Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer