Intip Cara Unik Mengelola Keuangan Selama Seminggu

News Flash - Tips menabung seringkali disepelekan oleh kebanyakan orang dengan alasan gampang. Tapi ujung-ujungnya gagal terus dan malah gak bisa makan di akhir bulan.
Pasalnya, gak sedikit orang yang niatnya mau hemat tapi tetep aja boros karena godaan. Cuma gigit jari doang yang bisa dilakuin.
Contoh sederhana aja, beli bahan makanan sekaligus banyak dan ujung-ujungnya malah gak terpakai karena keburu expired. Kalau seperti itu kan yang ada kamu sendiri yang susah.
Bosan gak sih kamu ngeliat isi dompet yang kering kerontang setiap akhir bulan?
Nah, mumpung masih tengah bulan nih, yuk atur pengeluaran kamu dengan baik biar gak makan mie instan terus setiap hari.
Gak usah lama-lama, berikut ini adalah tips menabung yang bisa kamu lakukan dalam seminggu, melalui lansiran berbagai tulisan, kuy simak selengkapnya.
Hari ke-1: Ketahui kebiasaan burukmu
Hari pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui kebiasaan burukmu menghabiskan uang, seperti apakah kamu doyan jajan atau mungkin kamu termasuk orang yang “lapar mata” saat belanja.
Dengan mengetahui kebiasaan buruk yang menjadi penyebab keuanganmu tidak stabil, maka kamu bisa mulai mencari solusinya.
Misalnya kamu masuk ke dalam golongan orang yang “lapar mata” saat pergi ke mall. Jadi, tahan dirimu untuk tidak pergi ke mall dalam beberapa waktu.
Kalau pun memang ada kebutuhan yang harus dibeli, fokus pada barang tersebut dan segera pulang setelah membelinya. Jangan sampai kamu kalap dan uangmu terbuang percuma karena membeli barang yang gak dibutuhkan.
Hari ke-2: Merekap pengeluaranmu di bulan terakhir
Gak sedikit orang yang tidak memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Jadi gak heran kalau mereka gak tahu kemana duitnya pergi. Tiba-tiba udah habis aja bahkan sebelum akhir bulan.
Untuk gak mengalami hal itu terus menerus, kamu perlu mencatat pengeluaran secara detail. Dan untuk memulainya, luangkan waktumu beberapa saat untuk merekap pengeluaranmu di bulan terakhir.
Dengan begitu, kamu bisa tahu mana yang jadi prioritas pengeluaranmu dan mengerem pengeluaran yang tidak penting di bulan selanjutnya. Selain itu, kamu juga jadi tahu berapa kira-kira dana yang perlu disiapkan setiap bulan buat pengeluaran wajib, seperti uang kosan, cicilan kendaraan, uang makan, dan lainnya.
Setelah selesai mencatat uang yang harus kamu keluarkan untuk kebutuhan pokok, lanjutkan dengan mencatat biaya lain yang tanpa disadari ternyata cukup menguras saldo rekeningmu setiap bulan, seperti pulsa dan internet, Spotify, member gym, dan lain-lain.
Hari ke-3: Menekan biaya
Pernah gak sih kamu menyadari kalau setiap bulannya kamu mengeluarkan uang untuk hal yang gak benar-benar dibutuhin? Parahnya lagi, bahkan pengeluaran itu gak kecil jumlahnya.
Kamu bisa lho menekan biaya dari hal-hal kecil. Misalnya, kamu berlangganan TV kabel padahal kenyataannya kamu jarang menonton TV. Kalau seperti itu mah lebih baik hentikan biaya langganan secepat mungkin.
Hal lain yang bisa kamu tekan biayanya adalah layanan Internet. Jika kamu merasa biaya Internet untuk satu bulan terlalu mahal, kamu bisa mengganti provider lain yang harganya lebih murah.
Eits.. tapi kamu perlu lihat juga ya apakah provider itu memiliki koneksi yang stabil di area rumahmu. Kalau sinyalnya jelek ya sama aja bohong dong. Gak cuma bikin kesal, tapi boros juga kan karena ujung-ujungnya kamu ganti provider lagi.
Hari ke-4: Ubah kebiasaanmu
Tips menabung selanjutnya adalah dengan mencari tahu apa yang jadi pengeluaran rutinmu atau kebiasaanmu yang tanpa disadari bikin kantong jebol.
Misalnya, kamu pecinta kopi yang setiap hari harus membeli segelas kopi hangat di kafe langganan. Tapi sadarkah kamu berapa banyak uang yang sudah habiskan buat itu doang?
Coba dihitung ya, satu gelas kopi seharga Rp 50 ribu dan hari kerja dalam seminggu sebanyak lima hari. Jadi, total biaya yang harus kamu keluarkan untuk segelas kopi dalam seminggu adalah Rp 250 ribu.
Bukannya gak boleh, tapi alangkah baiknya jika kamu mengurangi kebiasaan tersebut misalnya dengan membeli bubuk kopinya dan buat sendiri di rumah atau kantor. Jadi lebih irit kan?
Hari ke-5: Tetap konsisten
Bisa dibilang menabung itu seperti maraton. Garis finish-nya terlihat jauh sampai kamu tergoda berhenti di tengah jalan karena lelah. Tapi jika sudah melewati garis finish, rasanya pasti senang banget.
Karena itu, kamu harus konsisten setiap hari menabung dengan nominal yang sama. Gak usah terlalu besar, berawal dari jumlah yang kecil gak masalah kok asalkan konsisten. Syukur-syukur ada uang lebih, jadi bisa menabung lebih besar.
Hari ke-6: Tahan godaan
Setelah selama beberapa hari ekstra ngirit, terkadang kamu pengin melakukan hal yang bisa menguras isi dompet, misalnya nongkrong di mall bareng teman-teman.
Tapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, terkadang diperlukan pengorbanan lebih. Salah satunya ya memotong pengeluaran untuk bersenang-senang.
Hari ke-7: Hitung hasilnya
Yeay! Udah seminggu menabung dan ekstra ikat pinggang. Waktunya menghitung hasil yang didapatkan. Kamu juga boleh lho memberikan penghargaan buat dirimu sendiri karena udah berhasil menahan diri selama satu minggu.
Misalnya dengan membeli makanan di restoran favoritmu atau sekedar menyeruput segelas kopi hangat kesukaanmu.
Tap ingat perjuanganmu selama seminggu ini, jangan sampai uang tersebut habis dalam sekejap. Yang ada pengorbananmu cuma sia-sia aja dong.
Itu dia tips menabung yang bisa kamu lakukan dalam satu minggu untuk menghemat pengeluaran dan bikin saldo ATM-mu membuncit. Selamat mencoba! 

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer