Tubuh Pendek Lebih Berisiko Diabetes Dari Informasi Sebuah Studi

News Flash - Bukan hanya penyakit menular, Indonesia bergelut dengan prevelensi penyakit tidak menular yang banyak menyumbangkan angka kematian, salah satunya diabetes.
Hasil Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan RI menunjukan adanya peningkatan pada prevelensi penderita diabetes melitus, dari 6,9 persen 2013 menjadi 8,5 persen 2018.
Banyak faktor risiko yang memicu diabetes, selain gaya hidup tidak sehat, dilansir dari thehealthsite, tinggi badan ternyata juga dapat menentukan risiko terkena diabetes tipe dua.
Menurut para peneliti, peningkatan risiko diabetes pada orang yang memiliki postur tubuh lebih pendek dikarenakan tingginya kadar lemak hati dan memiliki risiko kardio-metabolik yang kurang menguntungkan bagi seseorang berpostur tubuh pendek.
Dalam penelitian ini, dilakukan pengamatan kepada 2.662 pria dan wanita paruh baya, dengan total 27.548 peserta. Para peserta telah disesuaikan pada usia, gaya hidup, pendidikan, dan ukuran lingkar pinggang.
Terlihat bahwa risiko diabetes tipe 2 di masa depan turun sebesar 41 persen untuk pria dan 33 persen untuk wanita setiap tinggi badan yang lebih tinggi 10cm.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa orang yang memiliki postur tubuh tinggi, akan memiliki peluang terkena diabetes tipe 2 lebih rendah daripada orang yang memiliki postur tubuh pendek.
Selain itu, ada hubungan risiko diabetes yang lebih tinggi antara ukuran lingkar pinggang dengan ukuran tinggi badan, terlepas dari apakah ukuran lingkar pinggang yang lebih besar disebabkan oleh pertumbuhan atau karena mengonsumsi terlalu banyak kalori. Para peneliti juga menemukan bahwa panjang kaki yang lebih besar memiliki risiko diabetes yang lebih rendah.
"Dari hasil penelitian, kami juga menyarankan bahwa usaha untuk mengurangi risiko terkait diabetes, mungkin perlu diperhatikan pada faktor penentu pertumbuhan pada saat periode sensitif selama kehamilan, anak usia dini, pubertas, remaja, dan juga ditentukan dari jenis kelamin," tutup para ahli.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer