Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara Menurun, Kemenpar Hadirkan Paket Wisata Low Season

News Flash - Setelah merayakan hari Raya Idul Fitri, biasanya orang menjadikan hari libur tersebut menjadi waktu yang paling tepat untuk melakukan kegiatan liburan bersama sanak keluarga tercinta.
Peningkatan cukup tajam jumlah wisatawan nusantara (wisnus) juga terjadi saat kegiatan mudik dan libur lebaran berlangsung. Akan ada puluhan juta orang yang akan meramaikan berbagai tempat destinasi wisata setiap daerah di Indonesia dalam periode tersebut.
Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Indonesia, Arief Yahya, kepada AkuratTravel dalam acara preskon Pesona Mudik 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Gambir, Jakarta Pusat, baru-baru ini
"Ketika Ramadan, wisnus itu turun 50 persen, pergerakan wisnus setiap bulan itu 20 juta, tapi selama Ramadan drop, jadi 10 juta. Namun, kita diuntungkan dengan adanya mudik lebaran, ketika mudik lebaran ada 20 juta orang yang mudik. Kalau di total jadi 30 juta orang, kita untung naik 1,5 kali lipat dari bulan-bulan biasa," ungkap Menpar.
Kemenpar merasa jumlah wisnus saat libur lebaran dinilai aman. Tapi, bagi wisatawan mancanegara (wisman) justru sebaliknya.
"Kita amanlah di wisnus, namun tidak aman untuk wisman. Terutama dari negara- negara mayoritas berpenduduk Islam juga drop 50 persen tanpa pengganti karena gak ada orang luar mudik ke Indonesia. Contoh, wisman Malaysia dia gak mungkin mudik ke Indonesia. Ya dia mudik di kota negaranya masing-masing," tambahnya.
Untuk menghindari kekurangan jumlah wisman saat libur lebaran, Kemenpar menghadirkan paket wisata di low season. Paket wisata tersebut diharapkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan saat low season.
"Kita buat program low season namanya hot deal. Kita kerjakan sementara di sekitar Kepri (Kepualaun Riau). Tahun lalu kita berhasil menjual 700 ribu pax. Ini salah satu cara untuk mengkompensansi jumlah wisman yang turun saat Ramadan dan Lebaran. Semoga ada peningkatan dari tahun lalu," tutupnya.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer