Berbahan Dasar Kain Songket, Baju Lebaran Ini Indonesia Banget!


Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Buat kamu yang masih mencari-cari, ataupun mau menambah koleksi baju Lebaran, desainer kondang Didiet Maulana sudah meluncurkan koleksi terbarunya.
Untuk koleksinya kali ini diberi judul 'Tirta Kirana'. Arti dari tirta itu sendiri adalah air, dan kirana yaitu sinar rembulan. Menurutnya, koleksi ini menggambarkan membiasnya sinar rembulan di atas air.
"Intinya koleksi ini ingin memancarkan keindahan, jadi siapapun yang memakainya bisa memancarkan keindahan, aura positif, dan yang baik," katanya kepada AkuratTren, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa, (21/5).
Koleksi yang terinspirasi dari kelembutan sinar rembulan ini, tertuang dalam 15 look. Tak seperti koleksi busana Ramadan pada umumnya, Didiet memilih songket sebagai bahan utamanya.
Yup, desainer tampan ini memang memiliki ciri khas mengangkat kain-kain milik Indonesia. Dan kali ini dirinya membawa songket dari Bali untuk dijadikan koleksi Ramadannya.
"Untuk siluetnya banyak yang A line, tapi ada juga beberapa yang siluetnya fitted. Kemudian ini merupakan kombinasi antara top dengan celana, dress juga, ini menggambarkan ada shifting di modest fashion," jelasnya.
"Kalau dulu kita mendengar kata modestfashion itu lebih ke kaftan, tunik panjang, sekarang melihat perempuan Indonesia khususnya yang berhijab ini lebih mobile. Maka kita berusaha menghadirkan yang praktis, tetapi tetap elegan, tapi juga tetap simpel saat menggunakannya," lanjutnya.
Pada saat fashion show berlangsung, menurut pantauan AkuratTren, Didiet berhasil membuat para penikmat fashionyang menyaksikan terpesona pada hasil karyanya. Semua sibuk mengamati setiap detail bajunya, dengan ekspresi takjub.
Kain songket sendiri memang bukan suatu yang umum menjadi busana di Hari Raya Idul Fitri, dimana biasanya warna putih, polos atau sedikit motif menjadi yang paling sering diketemukan setiap kali Idul Fitri tiba. Tak heran mungkin Anda akan berfikir bahwa koleksi ini tidak akan cocok digunakan di edisi Ramadan.
Namun melalui karyanya, Didiet berhasil mematahkan persepsi tersebut. Bahan songket yang dipadupadankan dan dikombinasikan dengan bahan organza, rose silk, kain shantung, dan di-finishing menggunakan payet, kristal, manik-manik, mutiara, dan bordir, membuat koleksi ini sangat cantik dan cocok untuk dipakai sebagai edisi Ramadan.
"Look-nya pas banget untuk dipakai di hari raya, dipakai ketika menghadiri kegiatan yang berhububgan dengan Ramadan. Karena warnanya kombinasi pastel, ada yang warna lebih ke gelapnya juga. Dominasi earthy tones, seperti warna nude, ocre, dan beberapa warna feminim seperti blush,  soft orange, dan sky blue," tutupnya.[]

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer