Akhirnya, PSSI Sepakat untuk Gunakan VAR di Liga 1 Indonesia

News Flash - Komite Eksekutif PSSI memutuskan menggunan video assistant referee (VAR) untuk kompetisi Liga 1 Indonesia. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi pun diminta untuk kaji anggaran dan infrastruktur.
Kesepakatan untuk menggunakan VAR itu mengemukan dalam rapat Komite Eksekutif PSSI yang berlangsung di Jakarta pada akhir pekan lalu. PSSI pun akan menyiapkan kajian terkait regulasi berdasarkan pada peraturan FIFA.
PSSI tentunya juga akan menyiapkan wasit-wasit terbaik yang nantinya bertugas di belakang layar dalam pengoperasian VAR,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, sebagaimana diberitakan situs resmi PSSI.
VAR merupakan merupakan metode baru yang pertama kali diimplemantasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 lalu di Rusia. Teknologi ini berperan dalam meminimalisir keputusan wasit yang kontroversial.
Teknologi terbaru dari FIFA ini pertama kali digunakan dan menjadi penentu gol yakni dalam laga Prancis melawan Australia di Piala Dunia Rusia 2018 di Stadion Kazan Arena. Laga saat itu berakhir dengan kemenangan Prancis 2-1.
Nantinya, sebelum diimplementasikan wasit-wasit akan mendapat pelatihan dari FIFA. Sebagian wasit tersebut nanti akan bekerja di belakang layar. VAR akan terlibat dalam keputusan seperti penalti, kartu merah, dan gol.
Dalam penerapannya, tidak semua pelanggaran memerlukan bantuan VAR. Kalau wasit merasa pelanggaran yang terjadi sudah dianggap jelas dan yakin dengan keputusan yang diambilnya, VAR tidak diperlukan lagi.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan Populer