Alasan Matic "Tak Sudi" Pakai Logo Bunga Poppy di Jerseynya


Gelandang Manchester United (MU), Nemanja Matic, menjadi satu-satunya pemain yang tidak memakai simbol bunga poppy di jerseynya. Kejadian tersebut terlihat saay MU mengalahkan Bournemouth dengan skor 2-1 dalam lanjutan pekan kesebelas Liga Primer Inggris 2018-2019, Sabtu (3/11) lalu.

Pemain asal Serbia itu mengaku tidak ingin mengenakan simbol bunga poppy di jerseynya karena mengingatkan dirinya ketika dia berada di desanya yang di bom saat usianya masih 12 tahun. Pengeboman tahun 1999 silam merupakan serangan dari NATO untuk mengusir pasukan Serbia dari Kosovo.

Gelandang berusia 30 tahun itu merilis pernyataannya lewat akun Instagram pribadinya @nemanjamatic. Dalam pernyataan tersebut Matic mengatakan tetap menghormati keputusan pemain lainnya yang memakai bunga poppy di seragamnya.

"Saya paham betul mengapa orang mengenakan (bunga) poppy, saya sangat menghormati keputusan semua orang untuk melakukannya dan saya juga bersimpati untuk semuanya yang telah kehilangan orang yang dicintainya saat konflik itu terjadi," kata Matic.




I recognise fully why people wear poppies, I totally respect everyone’s right to do so and I have total sympathy for anyone who has lost loved ones due to conflict. However, for me it is only a reminder of an attack that I felt personally as a young, frightened 12-year old boy living in Vrelo, as my country was devastated by the bombing of Serbia in 1999. Whilst I have done so previously, on reflection I now don't feel it is right for me to wear the poppy on my shirt. I do not want to undermine the poppy as a symbol of pride within Britain or offend anyone, however, we are all a product of our own upbringing and this is a personal choice for the reasons outlined. I hope everyone understands my reasons now that I have explained them and I can concentrate on helping the team in the games that lie ahead.
Sebuah kiriman dibagikan oleh Nemanja Matic (@nemanjamatic) pada

Selain itu, bunga poppy merupakan bentuk penghormatan bagi tentara Inggris yang gugur di Perang Dunia pertama yang juga dijadikan lambang Remembrance Sunday karena bunga tersebut tumbuh di sejumlah medan perang pada Perang Dunia.

Beberapa pertempuran yang berlangsung sengit di Flanders, Belgia dan Picardy, Prancis Utara tidak meyisakan apapun di tempat tersebut, kecuali bunga poppy.[]



Sumber : Akurat.co
Editor : Rafly Puhi

Komentar

Postingan Populer