6 Cara Untuk Menghemat Daya Baterai pada Smartphone Anda


Perangkat smartphone yang beredar di pasaran saat ini rata-rata sudah dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Namun, risiko kehabisan baterai  saat berada di tengah jalan tetap tinggi.

Kehabisan baterai pada momen-momen penting terkadang menyebalkan. Namun, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai. Berikut 8 tips cara mudah untuk menghemat daya baterai pada smartphone Anda.

Atur Brightness pada Layar

Brigtness atau pencahyaan pada layar memang termasuk penyumbang terbesar yang membuat daya baterai smartphone android anda cepat habis. Aturlah pencahyaan sesuai kondisi dimana anda sedang berada, turunkanlah pencahayaan layar jika anda sedang berada di tempat yang tidak terlalu terang, dan naikan pencahyaan layar jika anda sedang berada ditempat yang terang.

Non aktifkan GPS, Wifi dan Bluetooth

Fitur GPS, Wi-Fi dan Bluetooth akan menghemat daya cukup besar jika dibiarkan aktif tanpa difungsikan. Beda lagi jika memang didalam kendaraan yang Anda naiki memiliki fasilitas Wi-Fi.

Agar baterai smartphone kamu daya tahannya lebih lama, pastikan semua fitur tersebut dalam kondisi mati atau non aktif karena jika tetap hidup, pencarian sinyal fitur-fitur GPS, Wi-Fi dan Bluetooth biasanya tetap memakan daya yang cukup besar.

Matikan Fungsi Getaran

Fitur getaran memang sangat bermakna ketika Anda sedang berada di dalam ruang rapat atau sengaja Anda aktifkan agar tidak banyak orang yang tahu bahwa smartphone Anda ada panggilan atau notifikasi dari beberapa apps.

Fitur getar memerlukan daya baterai yang cukup besar. Salah satu cara hemat baterai smartphone saat Anda traveling adalah dengan menonaktifkan  fitur silent.

Gunakan Modus Hemat Baterai

Smartphone android di zaman sekarang pasti memiliki fitur modus hemat baterai (power saver) standart yang akan bekerja jika baterai android dalam keadaan low batt.

Power saver tersebut akan meredupkan layar dan mematikan semua aplikasi yang berjalan ketika baterai dalam keadaan low. Dengan begitu daya baterai akan bertaham lebih lama dari seharusnya.

Jika android Anda tidak memiliki modus hemat baterai, mungkin Anda bias mengunduh aplikasi baterai android Anda.

Matikan Fungsi Sync

Sync adalah salah satu fitur dimana Anda akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan email, facebook, twitter, instagram. Jadi sebaiknya matikanlah fitur Sync pada smartphone Anda, karena fitur Sync cukup memberikan kontribusi pada daya baterai Anda yang cepat habis. Untuk memeriksa email, facebook dan aplikasi lainnya, sebaiknya lakukan secara manual.

Gunakan Charger Original

Penggunaan charger original setiap kali mengisi ulang baterai Android Anda sangat berpengaruh besar pada umur baterainya. Makanya jangan malas untuk selalu membawa charger original smartphone Anda saat jalan.

Itu dia 6 tips cara hemat baterai smartphone Android yang bisa di coba. Caranya mudah diaplikasikan kok, tidak perlu smartphone Anda dalam keadaan root.[]



Sumber : Akurat.co
Editor : Rafly Puhi

Komentar

Postingan Populer