Kerjasama Baidu, Ford Uji Coba Mobil Otonom di Tiongkok


Ford adalah salah satu produsen otomotif yang giat mengembangkan mobil otonom atau swakemudi. Baidu, raksasa perusahaan teknologi asal Tiongkok juga terus mengembangkan kendaraan otonom.

Melansir Ubergizmo, Kamis (1/11), kedua perusahaan tersebut memutuskan untuk bekerja sama melakukan pengujian mobil tanpa sopir di Tiongkok. Pengujian ini sendiri akan menjadi bagian dari proyek dua tahun antar perusahaan.

Dalam sebuah pernyataan baru-baru ini, Ford dan Baidu mengatakan bahwa mereka akan mulai menguji mobil otonom di jalanan kota Beijing sebelum akhir tahun ini. Selanjutnya, pengujian akan diperluas ke kota-kota lainnya di negeri tirai bambu itu.

Kedua perusahaan juga menambahkan bahwa mobil otonom yang digunakan untuk pengujian ini nantinya akan mampu beroperasi dalam beberapa kondisi pada akhir pengembangan dan proses pengujian proyek ini. Proyek tersebut dimaksudkan untuk mencapai mobil otonom level 4.

Kemampuan mengemudi secara otonom dalam beberapa kondisi tidak semuanya mengacu pada level 4. Dimana ini adalah satu tahap di bawah level 5, yang berarti kendaraan otonom sudah siap sepenuhnya.

Sekadar informasi, level 4 berarti kendaraan sudah dapat dikatakan otonom. Seluruh pengendalian sudah diambil oleh sistem, sehingga tidak diperlukan lagi campur tangan manusia. Namun pada level ini masih memiliki keterbatasan pada kondisi jalan dan lingkungan tertentu.

Ford sendiri bukanlah produsen pertama di luar Tiongkok yang melakukan pengujian mobil otonom di negara itu. Sebelumnya, ada Mercedes-Benz yang telah mendapat lampu hijau dari pemerintah setempat.



Sumber : Akurat.co
Editor : Rafly Puhi

Komentar

Postingan Populer